10/02/11

Jenis-jenis Frame/Bingkai Kacamata

Jenis-jenis Frame/Bingkai Kacamata

Bingkai kacamata ada banyak jenisnya. Untuk memilih bingkai kacamata yang tepat, anda harus memperhatikan berbagai hal. Pertama, perhatikan bentuk wajah anda. Apakah bentuk wajah anda oval, bulat, kotak, dan sebagainya? Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat di:
http://www.allaboutvision.com/eyeglasses/eyeglasses_shape_color_analysis.htm

Anda harus memilih kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah anda. Sebagai contoh, jika wajah anda berbentuk bulat, sebaiknya jangan pilih bingkai yang bulat. Nanti tambah “ngejreng”. Pilihlah bingkai dengan bentuk persegi atau oval.

Begitu pula warna bingkainya sebaiknya disesuaikan dengan warna kulit anda. Untuk itu, selain anda memilih bingkai berdasarkan selera anda, ada baiknya anda berkonsultasi dengan konsultan optik di tempat anda membeli kacamata anda agar didapat bingkai yang tepat dan juga bergaya.

Ada beberapa jenis kacamata.

Bahan
Dari bahan sebetulnya ada bermacam-macam. Ada yang dari logam, plastik, bahkan ada pula dari kayu! Pilih bahan yang cocok untuk kulit anda. Hindarilah bahan yang membuat kulit anda alergi.

Titanium lebih mahal daripada logam lainnya karena kuat, ringan, dan banyak orang yang tidak alergi terhadap logam ini.

Bentuk
Frame/bingkai kacamata ada yang berbentuk bulat, persegi, dan ada pula yang oval. Pilihlah bingkai yang kontras dengan bentuk wajah anda. Misalkan wajah anda bulat. Jangan pilih frame yang bulat. Tapi pilih frame yang kontras dengan bentuk wajah anda misalnya persegi atau oval.
Pastikan agar besar bingkai, sesuai/proporsional dengan besar wajah anda.

Hubungan Lensa dengan Bingkai
Dari cara lensa menempel di bingkai ada 3 jenis. Bingkai penuh/full benar-benar melingkari seluruh lensa sehingga lensa melekat lebih kuat.

Bingkai Semi-rimless, hanya melingkari sebagian dari lensa. Biasanya bagian atas lensa. Sementara bagian bawah lensa dilingkari oleh tali nilon yang kuat. Semi-rimless lebih bergaya daripada bingkai kacamata penuh.
Three-piece rimless atau cukup dikenal dengan rimless di mana tangkai dan “jembatan” menempel langsung pada lensa. Tidak ada bingkai di sekitar lensa. Kacamata ini lebih bergaya, namun stabilitasnya agak kurang.
Selain 3 model di atas, ada pula kacamata rimless yang sekarang sudah jarang beredar di mana hanya ada lensa dan jembatan. Kacamata ini langsung menempel pada hidung pemakainya dan biasa disebut dengan “Pince-Nez” (dari bahasa Perancis yang artinya “Menjepit Hidung”).

Kacamata Keselamatan (Safety Glasses)

Kacamata Keselamatan berfungsi melindungi mata dari debu yang beterbangan, percikan darah, api, dan sebagainya. Jenisnya bermacam-macam tergantung dari kondisi kerja pemakainya. Ada lingkungan yang mensyaratkan bagian tertipis minimal tebalnya 1 mm.

Kacamata Keselamatan ini juga bisa dilengkapi dengan ukuran dan juga sunglasses agar pemakainya lebih nyaman dalam bekerja.

Warna
Warna bingkai kacamata yang umum adalah hitam, coklat, dan abu-abu. Namun sekarang ada pula yang merah, putih, biru, hijau, bahkan beraneka warna. Pilih warna yang sesuai dengan kepribadian anda dan warna kulit/mata anda.

Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Glasses
http://en.wikipedia.org/wiki/Pince-nez

http://www.etsu.edu/writing/adcomp_s07/00eyeglasses.htm

0 komentar:

Poskan Komentar